Kamis, 04 Februari 2010

mengelola pembelajaran

Pengelolaan pembelajaran merupakan suatu proses penyelenggaraan interaksi peserta didik dengan prndidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
A. Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar
Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, hendaknya terlebih dahulu diususun persiapanya secara matang. Karena kegiatan persiapan mengajar akan memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam mengelola KBM ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Pengelolaan siswa
2. Pengelolaan guru
3. Pengelolaan lingkungan kelas

B. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
Pembelajaran atau proses KBM adalah proses yang diatur dengan langkah-langkah tertentu, agar pelaksanaanya mencapai hasil yang diharapkan. Langkah-langkah tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk perencanaan mengajar. Rencana mengajar atau lebih dikenal dengan satuan pelajaran adalah program kegiatan belajar mengajar dalam satuan terkecil

C. Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar
Sebagai kegiatan yang berupaya untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, maka evaluasi hasil belajar memiliki sasaran berupa ranah-ranah yang terkandung dalam tujuan yang meliputi ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotorik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar