Kamis, 04 Februari 2010

evaluasi kurikulum

A. Makna Evaluasi Kurikulum
Evaluasi kurikulum dimaksudkan sebagai suatu proses mempertimbangkan untuk memberi nilai dan aarti terhadap suatu kurikulum tertentu. Bagi Cronbach, evaluasi kurikulum pada dasarnya adalah sebagai suatu proses mengumpulkan berbagai informasi dalam rangka membuat suatu keputusan tentang program pendidikan. Artinya melalui evaluasi apakah suatu program pendidikan perlu ditambahkan, dikurangi atau mungkin diganti.

B. Fungsi Evaluasi Kurikulum
Ada beberapa fungsi dari evaluasi kurikulum, yakni :
 Untuk mengetahui bagaimana ketercapaian siswa dalam menguasai tujuan yang telah ditentukan
 Evaluasi dapat memberi informasi untuk mengembangkan program kurikulum
 Evaluasi berguna untuk para pengembang kurikulum khususnya dalam menentukan kejelasan tujuan khusus yang ingin dicapai
 Evaluasi berfungsi sebagai umpan balik untuk semua pihak yang berkepentingan dalam pendidikan di sekolah.

C. Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum
Kurikulum dapat dipandang dari dua sisi. Sisi pertama kurikulum sebagai suatu program pendidikan dan yang kedua kurikulum sebagai suatu kegiatan atau proses.
1. Evaluasi kurikulum sebagai suatu progam atau dokumen
Sebagai suatu program kurikulum memiliki beberapa komponen pokok, yaitu tujuan yang ingin dicapai, isi atau materi kurikulum, strategi pembelajaran yang direncanakan, serta rencana evaluasi keberhasilan.

2. Evaluasi pembelajaran sebagai implementasi kurikulum
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kurikulum sebagai suatu dokumen memiliki keterkaitan yang tidak terpisahkan dengan implementasi dokumen tersebut dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar